Legenda Pendekar Pemanah Rajawali

Legenda Pendekar Pemanah Rajawali (tradisional: 射鵰英雄傳; sederhana: 射雕英雄传; pinyin: Shèdiāo Yīngxióng Zhuàn) adalah novel dari tahun 1957, bagian pertama dari Trilogi Pemanah Rajawali, yang ditulis oleh Jin Yong, nama pena penulis Louis Cha. Novel dan trilogi ini sangat terkenal di Tiongkok dan negara-negara dengan masyarakat keturunan Tionghoa dan telah diadaptasi ke dalam berbagai film, serial televisi, anime, manga dan sebagainya.
Kisahnya adalah mengenai Kwee Ceng (Guo Jing), seorang anak yang dianggap banyak orang dungu dan naif, namun juga baik hati. Dengan kebaikan hatinya ia pernah menolong Kublai Khan dan sebagai balasannya ia dapat tinggal bersama Khan dan dianggap seperti anak sendiri. Ia kemudian bertualang bersama Oey Yong (Huang Rong) dan menemukan rahasia ilmu silat yang dahsyat dan bertemu dengan banyak pendekar terkenal, di antaranya adalah Kaisar Selatan (It Teng Taysu), Pengemis Utara (Ang Citkong), Racun Barat (Auwyang Hong), dan Sesat Timur (Oey Yok Su, ayah Oey Yong).
Kisah Legenda Pendekar Pemanah Rajawali ini telah berulang kali dibuat filmnya, baik yang versi layar lebar, maupun serial TV. Untuk versi layar lebar, salah satu versinya diperankan oleh mendiang Fu Sheng sebagai Kwee Ceng, dan Tanny Tien Niu sebagai Oey Yong. Pasangan Kwee Ceng dan Oey Yong ini merupakan salah satu pasangan dalam karya Jin Yong yang paling populer, karena Kwee Ceng yang jujur dan sedikit bodoh, berpasangan dengan Oey Yong yang nakal dan cerdas. Meskipun hubungan mereka awalnya mendapat banyak tentangan, namun pada akhirnya mereka bisa bersatu.
Untuk versi serial TV, telah banyak di buat versinya, antara lain :

  • The Legend of The Condor Heroes, produksi TVB Hongkong tahun 1982 dengan pemeran Felix Wong sebagai Kwee Ceng dan mendiang Barbara Yung sebagai Oey Yong
  • The Legend of The Condor Heroes, produksi TVB Hongkong tahun 1995 dengan Julian Cheung sebagai Kwee Ceng dan Athena Chu sebagai Oey Yong
  • The New Legend of The Condor Heroes, produksi Mainland, China, tahun 2001, dengan Li Ya Peng sebagai Kwee Ceng dan Zhao Sun sebagai Oey Yong
  • The New Legend of The Condor Heroes, produksi Mainland, China, tahun 2007, dengan Hu Ge sebagai Kwee Ceng dan Ariel Lin sebagai Oey Yong

Tokoh

  • Kwee Ceng (郭靖), dilahirkan dan dibesarkan di Mongolia, ia diajar oleh Tujuh Manusia Aneh dari Jiangnan (江南七怪武功). Kemudian ia juga belajar dari Ang Cit Kong dan Ciu Pek Tong. Walaupun jujur dan tidak suka kekerasan, ia juga sangat berbakat dalam mempelajari ilmu silat. Ia adalah suami Oey Yong.
  • Oey Yong (黄蓉), anak Oey Yok Su, adalah anak manja yang sedang menyamar sebagai pengemis ketika bertemu dengan Kwee Ceng. Ia juga diangkat sebagai murid oleh Ang Cit Kong dan menjadi ketua Partai Pengemis.
  • Yo Kang (杨康), sepupu angkat Kwee Ceng, dibesarkan oleh pangeran Wanyen Hunglieh.
  • Bok Liamci (穆念慈), kekasih Yo Kang, ibu dari Yo Ko.
  • Oey Yok Su (黄药师), si Sesat Timur, adalah seorang ahli ilmu silat dan ayah Oey Yong. Ia tinggal menyendiri di sebuah pulau.
  • Ang Cit Kong (洪七公), si Pengemis Utara, adalah ketua Partai Pengemis. Walaupun tampak seperti seorang pemabuk, ia adalah ahli ilmu silat dan selalu membela orang kecil.
  • Auwyang Hong (欧阳鋒), si Racun Barat, adalah seorang ahli ilmu silat dan racun. Ia ditipu oleh Oey Yong untuk mempelajari sebuah ilmu silat dengan urutan terbalik. Hal ini mengakibatkan pikirannya menjadi gila, namun kemampuan silatnya juga melejit.
  • It Teng Taysu (一灯大師), si Kaisar Selatan, adalah seorang ahli ilmu silat yang pernah menjadi raja. Suatu hari ia mengakibatkan kematian seorang anak kecil. Karena merasa bersalah, ia turun tahta dan menjadi biksu.
  • Jenghis Khan (鐵木真), pemimpin Mongolia, ia mengangkat Kwee Ceng sebagai anaknya.
  • Tu Li (拖雷), anak Jenghis Khan dan saudara angkat Kwee Ceng.
  • Go Chin (華箏), anak Jenghis Khan yang jatuh cinta pada Kwee Cheng.
  • Jebe (哲別), ahli pemanah dan guru Kwee Ceng.
  • Ciu Pek Tong (周伯通), saudara angkat Ang Cit Kong. Walaupun sudah tua, tingkah lakunya seperti anak kecil. Namun ia juga ahli ilmu silat dan salah satu guru silat Kwee Ceng.
  • Auwyang Hok (歐陽克), keponakan Auwyang Hong. Sebenarnya ia adalah anak kandung Auwyang Hong. Ia dibunuh Yo Kang karena mencoba untuk memperkosa Bok Liamci.

Cerita

Dua saudara angkat, Kwee Ceng dan Yo Kang, terpisah sejak bayi. Yo Kang tumbuh sebagai anak angkat seorang pangeran, angkuh dan gila harta. Kwee Ceng menjadi anak yang patuh orang tua, lugu dan baik hati.
Jadi waktu itu, pendekar itu ibarat burung, makin besar burungnya makin tinggi ilmu silatnya, pada ahirnya pendekar rajawali bertarung dengan pendekar garuda, akan tetapi, pendekar garuda kalah, karena burung pendekar garuda dibunuh oleh panah pendekar rajawali. Maka semenjak itu menjadi terkenal-lah panah pendekar rajawali

0 komentar:

Poskan Komentar