Rejeki Jiwa


Dikutip dari buku: Abad Kejiwaan.
Bunga Rampai Pembabaran dan Pemikiran SenoSoenoto.

 Sebetulnya yang menjadi pikiran manusia sekarang,"wah....si dia itu kerjanya sedikit saja,tetapi kok bisa banyak rejeki."Rejeki itu apa ?. Tumpukan-tumpukan karma baik yang kita perbuat.Maka itu saudara kerja bakti untuk menumpuk larma baik,mengisi gudangnya.Di gudang ini karma baik itu disimpan,belum terpakai.
Saudara memikirkan orang lain,saudara itu berusaha agar orang lain dapat bisa mendapatkan kebahagiaan.Krma baik itu ditumpuk dan belum terpakai ,maka apapun yang saudara lakukan itu lancar. Nah banyak orang maunya rejeki tanpa berbuat apa-apa.
Rejeki itu hasil dari sebab perbuatan kita sendiri.Rejeki kalu gak diisi juga bisa habis.

Begitupun donor mata.Coba tutup mata kita rapat2,gimana rasanya ? Orang yang selama ini tidak bisa melihat. Orang yang sudah 20thn hidup dalam kesepian karena tidak bisa melihat.Tiba2 dapat melihat kembali,karena ada orang yang meniggal tapi masih tetap mau menyumbangkan kornenya.Jadi orang yang 20thn hidup kesepian itu dapat melihat,"Ini bojoku ayu ya." Dulunya mana tahu ? Bagaimana bahagiaanya dia.Coba bisa kita rasakan enggak orang buta yang sekarang dapat mata itu gimana bahagiaanya ?
Itulah artinya menjalankan ajaran dari sutra.Itu yang namanya kalau kita menjalankan duni kebodhisatvaan.

(Anak-anak mulai bersinar dan keharmonisan keluarga menjadi baik.Itu semua adalah untuk menunjang untuk kita agar bisa berjuang membahagiakan orang lain.Begitu kita lalaikan perjuangan.....keenakan,segalanya itu akan hilang!
Itulah dasar rejeki jiwa.)

Beberapa istilah:
Jaman Mappo:
Disebut juga jaman Akhir Dharma, atau masa sekarang ini.Yakni lima kali lima rarus tahun terakhir dan seterusnya setelah kemoksyaan Sang Buddha Sakyamuni(sekitar 3000 tahun yang lalu).Jaman buruk dimana kekeruhan dan kekotoran telah memenuhi jiwa manusia.
Kanjin No Honzon:
Pusaka pemujaan(Honzon) untuk meninjau diri sendiri.
Kokudo:
Tanah negri yang diartikan sebagai ‘tempat’ atau’lingkungan’.
Koti:
Satuan perhitungan astronomis,ada kalanya diinterpretasikan sebagai 10juta atau 100juta dan sebagainya.
Kuon:
Pengertian yang menunjukan masa lampau yang amat jauh,suatu masa yang tidak bisa di bayangakan.
Maitri Karuna:
Istilah Maitri Karuna diambil dari Mahaprajna Paramita sastra yang merupakan salah satu karya besar dari Nagarjuna.Dalam sastra tersebut menguraikan bahwa MaMaitri berarti memberi suka kepada orang lain;Karuna berarti mencabut duka orang lain.
Moksya:
Istilah lain dari wafatnya Sang Buddha.
Nayuta:
10.000 koti.
Onsyitsu:
Perasaan jiwa yang membenci dan marah terhadap seseorang.
Prajna:
Juga disebut Ci-e,yaitu kesadaran tertinggi yang diperoleh karena adanya hati kepercayaan terhadap Gohonzon dari Sandaihiho.
Nammyohorengekyo:
1.      Berarti Hukum/Dharma tertinggi yang menjadi sumber pokok segala sesuatu yang ada di alam semsta.
2.      Mantra Agung yang menjadi inti ajaran Buddha Niciren Daisyonin.Mantra agung ini diucapkan umat saat melaksanakan Sembahyang.
                                              

 

                                                                       

0 komentar:

Poskan Komentar