Label:

To Liong To

Kisah Pedang Langit dan Golok Pembunuh Naga (tradisional: 倚天屠龍記; sederhana: 倚天屠龙记; pinyin: Yǐ Tiān Tú Lóng Jì) adalah novel silat karangan Jin Yong, merupakan bagian ketiga dari Trilogi Rajawali. Pertama kali diterbitkan sebagai serial di harian Ming Pao Juli tahun 1961.
Sebagaimana novel Trilogi Rajawali lainnya, kisah ini telah berulang kali diterjemahkan dalam berbagai bahasa dan media diantaranya film, serial televisi serta komik.
Walaupun dimaksudkan sebagai bagian terakhir dari Trilogi Rajawali, namun jarak waktu dengan kedua novel sebelumnya adalah lebih dari 100 tahun, sehingga tidak berkaitan langsung. Novel ini lebih menekankan pada intrik antara partai sesat dan partai lurus, kemunafikan partai yang dianggap lurus serta kiprah tokoh utamanya Thio Boe Ki dalam membela partai yang dianggap sesat dan menyatukan perpecahan di kalangan dunia persilatan sehingga dapat melawan penjajah.

Cerita

Latar belakang dimulai pada zaman Dinasti Yuan, setelah kota Siangyang akhirnya jatuh ke tangan Mongol. Cerita berkisar seputar dua senjata sakti yang bernama Pedang Langit (倚天劍) dan Golok Pembunuh Naga (屠龍刀), yang diperebutkan di dunia persilatan. Kedua senjata tersebut berasal dari pedang baja milik pendekar rajawali Yo Ko dan dibuat atas permintaan Oey Yong dan Kwee Ceng, pendekar besar dalam dua novel sebelumnya. Golok pembunuh naga telah jatuh ke tangan xie xun yang berjulukan singa emas dari partai sesat ming,sedangkan pedang langit ada di partai Gobi,pendiri partai Gobi itu sendiri ialah putri dari pendekar kwee ceng dan oey yong yaitu kwee siang.
Thio Boe Ki / Zhang Wuji, adalah anak dari pendekar aliran lurus Butong / Wutang, yaitu Thio Cui San / Zhang Cuisan. Ayah Boe Ki adalah murid dari Thio Sam Hong / Zhang Sanfeng. Sementara ibunya, In So So / Yin Susu, berasal dari partai Elang Langit yang dianggap sesat. Thio Boe Ki lahir di pulau terpencil di sebelah utara Cina setelah orang tuanya terdampar dan terisolasi di pulau tersebut bersama ayah angkatnya Xie Xun. Xie Xun adalah orang yang paling dicari di dunia persilatan karena dianggap telah membunuh tetua dari berbagai partai dan menyimpan Golok Pembunuh Naga. Saat kembali ke Cina daratan, orangtua Boe Ki meninggal bunuh diri di depan matanya karena menolak paksaan para pendekar dunia persilatan untuk menunjukkan keberadaan Xie Xun dan Golok Pembunuh Naga.
Petualangan Boe Ki membawanya mempelajari kitab Kiu Im Cin Keng (tinju matahari), membantu resolusi konflik antara Sekte Ming dengan enam perguruan aliran lurus yang ingin menghabiskan Sekte Ming yang dianggap sesat. Ia mendapat kehormatan untuk menjadi ketua Sekte Ming,Di partai Ming thio boe ki menemukan ruangan yang berisi kitab jurus turun temurun partai Ming, setelah berhasil menguasai ilmu Menaklukkan Langit dan Bumi. Xie Xun yang selama ini dianggap sebagai musuh bersama dunia persilatan karena membunuh tetua aliran lurus, ternyata hanya korban dari gurunya sendiri yaitu Seng Kun, yang bersembunyi di Shao Lin dan berkomplot dengan Mongol untuk mengadu domba antar pendekar dan perguruan silat. Selain konflik antar perguruan silat, Boe Ki juga terlibat urusan asmara dengan empat perempuan yang mencintainya, diantaranya Thio Beng (Zhao Min) yang juga menimbulkan polemik karena Thio Beng ternyata adalah putri Minmin Termur dari Mongolia.

Adaptasi

Film

Tahun Produksi Thio Boe Ki Thio Beng Chiu Cie Jiak Keterangan
1963 / 1965 Emei Film Company
(Hong Kong)
Lam Ka-sing Chan Hiu-kau Connie Chan Story of the Sword and the Sabre
1978 Shaw Brothers Studio
(Hong Kong)
Derek Yee Ching Li Candice Yu Heaven Sword and Dragon Sabre (1978 film)
1984 N/A Leanne Liu The Hidden Power of the Dragon Sabre
1993 Win's Entertainment, Ltd.
(Hong Kong)
Jet Li Sharla Cheung Gigi Lai Kung Fu Cult Master

Televisi

Tahun Produksi Thio Boe Ki Thio Beng Chiu Cie Jiak Judul
1978 TVB (Hong Kong) Adam Cheng Liza Wang Angie Chiu The Heaven Sword and Dragon Saber (1978 TV series)
1984 TTV (Taiwan) Liu Dekai Liu Yupu Yu Ke-hsin The Heaven Sword and Dragon Saber (1984 TV series)
1986 TVB (Hong Kong) Tony Leung Kitty Lai Sheren Tang New Heavenly Sword and Dragon Sabre
1993 TTV (Taiwan) Steve Ma Cecilia Yip Kathy Chow The Heaven Sword and Dragon Saber (1993 TV series)
2000 TVB (Hong Kong) Lawrence Ng Gigi Lai Charmaine Sheh The Heaven Sword and Dragon Saber (2000 TV series)
2003 Beijing Asia Central Audio Productions Ltd.
(Co-production)
Alec Su Alyssa Chia Gao Yuanyuan The Heaven Sword and Dragon Saber (2003 TV series)
2009 Huayi Brothers Media Corporation
Beijing Cathay Media Ltd. (Mainland China)
Deng Chao Ady An Liu Jing The Heaven Sword and Dragon Saber (2009 TV series)

0 komentar:

Posting Komentar